Cara Pintar Mendapatkan Investor untuk Pebisnis Pemula

 

f:id:jolceksoe:20170816170115j:plain

Cara mendapatkan investor dapat melalui berbagai cara atau model, bisa dilihat dari jenis atau usaha yang sedang dijalani. Investor sendiri adalah orang yang mempunyai modal besar dan sering menanamkan modal tersebut diberbagai perusahaan-perusahaan besar baik dalam negeri maupun luar negeri. Investor sangat erat kaitannya dengan uang atau saham perusahaan. Semakin banyaknya jenis usaha sekarang ini tentu semakin banyak pula jenis dari investor sendiri. Berkembangnya sebuah usaha atau bisnis tentu berpengaruh juga pada permintaan yang ada pada pasar.

Jenis-Jenis Cara Mendapatkan Investor

Investor sendiri dapat digolongkan berdasarkan pengalaman atau professional kerja. Yang pertama yaitu jenis investor amatir. Pada jenis ini biasanya mereka hanya memikirkan keuntungan dalam jangka yang sangat pendek saja. Pembicaraan awal langsung kepada hal yang menjadi tujuan mereka seperti berapa hasil yang akan mereka peroleh jika menanamkan modal disuatu perusahaan. Investor bertipe seperti ini umumnya mereka yang telah mengenal perusahaan, mungkin dari teman kerabat atau lainnya. Yang ditakutkan pada tipe ini yaitu sangat siap untuk mendapatkan keuntungan tetapi tidak pernah siap untuk mengalami kerugian.

Yang kedua yaitu investor professional, seperti namanya tentu mereka adalah para investor-investor yang telah paham betul mengenai dunia penanaman saham atau bisnis. Biasanya mereka telah memiliki strategi sendiri dalam menginvestasikan uangnya. Ini adalah salah satu solusi keuangan terbaik yang anda miliki. Tentu dengan begitu mereka akan lebih siap untuk mengalami keuntungan maupun kerugian kedepannya. Terlepas dari kedua jenis investor tersebut, berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan investor bagi pebisnis pemula, diantarnya:

  • Buat skema keadaan pasar.

Langkah pertama untuk mendapatkan investor yaitu dengan menyiapkan semua perencanaan bisnis atau usaha tersebut dengan matang. Misalnya dari keadaan permintaan pasar dengan produk yang akan dibuat, target yang akan dituju, atau lainnya. Dengan begitu untuk mencari investor tersebut akan lebih mudah karena Anda sudah dapat menerangkan bisnis yang akan Anda bangun.

  • Professional team.

Sebagai investor tentu tidak akan main-main dalam memilih perusahaan yang akan ditanami modalnya. Karena mereka berfikir untuk mendapatkan keuntungan bukan kerugian jadi tidak sembarang memberikan modal kepada team kerja yang asal-asal. Tunjukkan pada para investor bahwa Anda memiliki team manajemen yang telah professional sehingga mereka tidak akan ragu untuk menginvestasikan uangnya. Dengan begitu mereka yakin bahwa telah memberikan modal usaha kepada perusahaan yang tepat.

  • Terangkan mengenai besar atau kecilnya resiko.

Para investor yang cerdas tentu tidak akan termakan omongan para pencari investor yang menawarkan keuntungan yang banyak tanpa adanya resiko. Karena sebuah usaha tentu ada kendala atau kesulitan yang akan dialami. Jadi dari awal jelaskan mengenai resiko yang dapat timbul juga tak lupa untuk menjelaskan cara menanggulanginya.

  • Keunggulan.

Seperti ibarat memamerkan sebuah produk, Anda sebagai pemilik usaha harus dapat menjelaskan secara baik keunggulan dari usaha yang akan dibuat dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan begitu para investor paham mengenai produk dan juga kelemahan dari pesaing-pesaing yang ada diluaran sana.

Itulah beberapa cara mendapatkan investor yang bagus sebagai pengusaha awal atau pemula. Mungkin masih ada banyak lagi cara lain yang menurut Anda lebih dapat menarik banyak para investor. Kembali lagi semuanya juga dilihat dari tipe investor itu sendiri. Persiapan mengenai sebuah produk usaha yang matang juga merupakan salah satu hal terpenting. Carilah investor yang telah professional dan mampu untuk diajak kerjasama yang baik. Semoga bermanfaat.