Cara Memperingan Biaya Kuliah di Universitas Indonesia

f:id:jolceksoe:20170809154824j:plain

Berkuliah menjadi salah satu keinginan bagi setiap siswa yang sudah berada di jenjang Sekolah menengah atas. Dengan berkuliah, tidak hanya akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak namun juga title yang dapat membantu untuk mencari pekerjaan yang lebih tinggi dengan pendapatan yang juga lebih tinggi. Salah satu universitas yang menjadi pilihan adalah di Universitas Indonesia. Dengan biaya kuliah di Universitas Indonesia yang tidak sedikit, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meringankan biaya kuliah yang harus Anda bayarkan per semester nya.

Biaya pendidikan di Universitas Indonesia dikenal dengan istilah BOP-B UI atau Biaya operasional pendidikan berkeadilan. Jenis biaya ini adalah biaya kuliah yang wajib dibayarkan oleh setiap mahasiswanya setiap semester dan biaya SKS plus praktikum sudah masuk kedalam biaya BOP-B tersebut. BOP-B tersebut dapat diperoleh oleh semua mahasiswa berdasarkan pada kemampuannya namun bukan mekanisme keringanan atau sejenis beasiswa.

BOP-B dapat diajukan oleh calon mahasiswa jalur S1 regular tanpa perlu memiliki KTM terlebih dahulu atau memiliki prestasi yang membanggakan. Lewat BOP-B ini nantinya Anda akan dapat berhak untuk memperoleh pembebanan biaya yang sesuai dengan kemampuan penanggungannya untuk biaya masing-masing perorangan dengan cara memilih mekanisme BOP-B. Selain menggunakan BOP-B, ada cara lain untuk memperingan biaya kuliah saat Anda di Universitas Indonesia.

Beasiswa biaya kuliah di Universitas Indonesia

Pertama yaitu dengan beasiswa. Ada beasiswa untuk memperingan biaya kuliah yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu yang berasal dari pihak universitas sendiri dan ada yang berasal dari sponsor. Sponsor tersebut dapat berasal dari pemerintah, perusahaan ataupun perorangan dan beasiswa sponsor itu dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  • Beasiswa prestasi untuk mahasiswa yang berprestasi yang ditunjukkan dengan nilai IPK yang melebihi dari nilai yang ditentukan di semester tertentu.
  • Beasiswa kurang mampu yang ditujukan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan ditunjukkan dengan adanya surat keterangan kurang mampu dari RT atau RW.
  • Beasiswa campuran yang merupakan campuran dari beasiswa kurang mampu dan beasiswa berprestasi untuk mahasiswa kurang mampu yang berprestasi.

Untuk mendapatkan beasiswa di UI, terdapat ketentuan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa yang mengajukan beasiswa dan persyaratan tersebut berbeda-beda tergantung dari jenis beasiswa yang diajukan terutama beasiswa yang berasal dari sponsor. Akan tetapi, terdapat persyaratan umum untuk mengajukan beasiswa, diantaranya yaitu:

  • Memiliki IPK minimal 3.01.
  • Menyertakan salinan kartu keluarga, slip gaji orang tua, KTM.
  • Daftar riwayat hidup.
  • Mengisi form beasiswa.
  • Menyertakan surat pernyataan bukan perokok aktif.

Selain dengan beasiswa, ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memperingan biaya kuliah di Universitas Indonesia, diantaranya yaitu:

  • Menabung. Mulai sejak kecil sebisa mungkin untuk membiasakan menabung. Cara lainnya adalah dengan menyisihkan sebagian uang jajan untuk kuliah yang Anda dapatkan dari orang tua. Hindari untuk membelanjakan kiriman uang tersebut untuk hal yang kurang Anda butuhkan.
  • Melakukan part time. Saat ini banyak tempat yang mempekerjakan mahasiswa sebagai part timer misalnya yang ada di sekitar kampus. Pilih tempat yang tidak mengganggu jam kuliah Anda. Bahkan Anda dapat mengajukan beasiswa part time dengan perusahaan atau lembaga di lingkup UI. Namun Anda harus mengikuti prosedur yang ditentukan dan dapat memperoleh beasiswa part time dalam kurun waktu 1 tahun.
  • Menjalankan bisnis dengan catatan Anda harus dapat membagi waktu dengan baik antara bekerja dan kuliah.